Rabu, 31 Agustus 2016

JENIS JENIS KAPAL TUNDA ATAU TUG BOAT

JENIS JENIS KAPAL TUNDA ATAU TUG BOAT

Blogkita :

kali ini saya buat artikel untuk para adik-adik calon pelaut yang ingin mengetahui jenis-jenis kapal tunda / tug boat dan kegunaannya berdasarkan type dan jenis tug boatnya. Jenis mesin ataupun besarnya horse power bisa saja sama. Namun yang membedakan adalah system penyaluran tenaga saat berolah gerak.
Mungkin adik-adik ada yang berfikir bahwa semua tug boat memiliki kemampuan dan fungsi yang sama. Ternyata tidak dalam perkembangan dan pembuatan tug boat para insiyur mendesain tug boat dan system propullsionnya berbeda-beda. Ini berpengaruh pada kemampuan olah gerak dan efesieni tenaga. Yang tujuan utamanya adalah meningkatkan safety dalam pekerjaannya.
Baik berikut kita akan bahas jenis-jenis tug boat dari yang termurah dan tersederhana hingga yang paling canggih.
1. Tug boat konvensional atau stan tug.
Tug boat ini sangat simple dan paling murah dalam pembuatannya, teknologinya namun memilik kemampuan olah gerah yang terbatas. Sehingga tug boat ini hanya cocok untuk berkerja dengan tingkat kesulitan rendah seperti towing barge / tongkang. Tug boat jenis ini hanya dibekali baling-baling fix biasa atau yang sedikit lebih canggih mengunakan baling CPP (controable pitch propeller). Dilengkapi dengan daun kemudi biasa. System control menouvernya hanya mesin maju dan mundur dengan gearbox. 
2. ASD TUG (Azimuth Stern Drive).
Tug dengan system ini penyaluran tenaganya dengan baling-baling dinungkus nozzle tanpa kemudi. Dimana baling-baling ini dapat bergerak 360 derajat azimuth sehingga penyaluran tenaga ke segala arah sama dan memiliki kemampuan olah gerah yang sangat baik. Jauh bila dibandingkan stan tug. Tug boat jenis ini sangat cocok untuk pekerjaan seperti assisting / menyandarkan kapal-kapal dipelabuhan, pekerjaan towing tongkang, menyandarkan kapal saat STS (ship to ship) kapal dengan kapal sandar dll. Memiliki tinggat kemampuan olah gerah yang sangat bagus sehingga cocok digunakan dalam berbagai kondisi. Arus kuat, angin kuat dapat masih dapat berolah gerak dengan baik sehingga memiliki tingkat keselamatan yang cukup baik. Sayangnya ketika kita melakukan pekerjaan towing. Maka haru mengunakan stern atau buritan. Dan ketika akan mengassist maka tali towing harus dipindahkan ke depan. Yang membutuhkan waktu. Karena ketika memaksakan mengassist dengan stern atau buritan tug jenis ini akan agak sulit berolah gerak hampir mirip dengan stan tug. Namun sedikit lebih baik. 
3. ATD tug (Azimuth Tractor Drive)
Tug ini memiliki system pengerak sama dengan ASD hanya saja yang membedakan posisi thruster atau baling-baling berada didepan. Sehingga ketika dalam kondisi towing atau assisting tidak perlu memindahkan tali towing ke depan atau ke belakang.hanya cukup memendekkan tali towing dan kemudian bisa langsung bekerja sebagai assist tug. Tug ini yg paling banyak ditemui di pelabuhan karena memiliki tingkat oleh gerak lebih dan keselamatan yang lebih baik dari ASD.
4. VOITH THRUSTER
Tug jenis ini memilik type baling yang menurut saya unik. Tdk seperti baling” pada stand tug atau Azimuth. Tug ini memiliki baling-baling seperti beberapa buah papan panjang yang menjulur kebawah kemudian beberapa papan itu berada dalam satu roda sumbu yang berputar dimana sudut-sudut papan itu dapat diubah sehingga memiliki fungsi seperti ketika kita mendayung.
Pada prinsipnya tug jenis ini memilik tingkat menouver yang sama dengan ASD. Hanya bentuk properllernya aja yang berbeda. 
Sekian dulu artikel kali ini semoga dapat menambah wawasan andah tentang kapal tug boat...
Jalesveva jayāmahe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar